10/12/2013

MEMBUAT LENSA MAKRO UNTUK HP DARI KAMERA BEKAS

fotografi makro itu menyenangkan sekali karena kita bisa melihat objek-objek kecil dengan detail agar terlihat besar, seperti memotret dengan kamera DSLR !!! nahhh ,,, tapi hanya bermodalkan handphone ?? walopun sebagian handphone sudah dilengkapi fiture macro mode tapi tidak begitu efektif ketika kita ingin memotret objek yang ukuran nya sangat kecil seperti semut & kumbang, dengan lensa tambahan, jadi solusi untuk memotret makro dengan handphone, memang sudah banyak yang menjual lensa makro dipasaran tapi kita harus membeli dengan harga yang lumayan mahal. sementara itu kita ingin bermakro tapi hanya bermodalkan kamera HP, ini bukan menjadi halangan  untuk berkreasi. hanya sekedar ingin berbagi pengalaman tentang pembuatan lensa makro tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal tapi hasilnya memuaskan !!
Peralatan yg dibutuhkan :
- kamera bekas, diusahakan yg bermerek/terkenal karena lensa nya lebih bagus biasanya
- Doubletip/perekat & gunting
- Obeng untuk bongkar kamera nya
kamera jadul/bekas

gunting
lensa makro bongkaran
contoh lensa makro bongkaran

 
 
Langkah pengerjaan :
1. bongkar kamera bekas nya sampai lensa yg didalemnya bisa dilepas
2. lepas/copot lensa yg bulet pinggirnya hitam , biasanya ada ditengah2 (seperti yg ada pada gambar
3. tempelkan perekat dibagian sisi lensa nya
4. Selesai , lensa makro handmade siap dipakai tinggal ditempelkan ke kamera HP
Sekian tips dari saya , maap kalo belepotan kata" nya

jika ada yg kurang jelas atau ingin ditanyakan ,,, komen ajaaa yahhh
dibawah ini ada beberapa hasil foto dari kamera HP + lensa makro bongkaran

hasil jepretan galaxy fit + lensa makro bongkaran
Galaxy Ace + macro lense handmade

Galaxy Fit + Lensa makro bongkaran

32 comments:

  1. Sy sdh bongkar kamera fuji n ambil lensanya. Sy tes foto kok buram ya mas? Blm sy rekatkan krn msh percobaan. Tips nya dong? Salam kenal dari Eddy di Kendari.

    ReplyDelete
  2. kalo buram emang karena lensanya ada dua, coba dilap pake kain atau tisu yg lembut. bisa jg lensa kamera hp kamu yg sedikit kotor

    ReplyDelete
  3. pengalaman saia yah
    kalo dilihat emank buram, tapi begitu ditempel ke camera hp hasilnya bening koh.
    Super macro, ngalahin Osino Lens.
    Aku pake bongkaran RICOH F10 CANTIK and pake HH Lumia 520.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bro jaraknya sekitar 2-5cm yhaaa ke objek

      Delete
  4. @Edy : emg buram coba deketin ke objek gan

    ReplyDelete
  5. @Ahlun : siip ... thanks sudah membantu sharing

    ReplyDelete
  6. @AHmad :: bner .. coba cari objek yg kecil misal nya semut bakal detail yah :D

    ReplyDelete
  7. Keren.... kebetulan lg tertarik sama makro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyshhhh makro emg menjadi daya tarik para fotografer karena menghasilkan gambar yang tak biasa :D

      Delete
  8. Bro ada gbr contoh yg dah terpasang di kamera?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bro belum diupload tapi :D tinggal tempel aja ke hp tapio pake doubletip pinggiran lensa bongkran nya biar merekat

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. keren gan....ini hasilnya :
    www.takazaa.wordpress.com

    ReplyDelete
  11. Saya ambil lensa bekas kamera digital fuji, ternyata setelah saya lepas ada 2 lensa yang diambil yang mana ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja mas biasanya kalo lensa makro pas ditempelin kena HP nya jadi BLur terus coba deketin ke objek kecil mas ;) selamat mencoba

      Delete
  12. kren infonya,jd gak sabar mau nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo gan :D selamat mencoba dan berkreasi

      Delete
  13. Replies
    1. belum nyoba euy fisheye magh tapi ada tutorilanya nanti saya share

      Delete
  14. Replies
    1. maksudnya kamera bekasnya mati ?? iyah gapapa gan

      Delete
  15. ok dah saya coba kebetulan ada kmera bekas fuji film 🎬

    ReplyDelete
  16. Kalo nikon coolpix l2 bagus gak dijadiin lensbong

    ReplyDelete
  17. Kalo lensbong sama lensa macro yg di jual di pasaran bagus mana ya? Sama kalo lensbong di zoom hasilnya pecah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusan lensbong sekarang lensa yang dijual dipasaran kurang kualitasnya, lensbong tergantung merk nya

      Delete
  18. www.upcomingcarsnews.com mari cari mobli sport

    ReplyDelete

udah baca jangan lupa ,,komen yahh ?? (¬˛¬!!)

like my blog